KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : Amazing Indonesia … Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu ( Komunitas )

_-

AMAZING INDONESIA

( Budaya, Seni serta Keindahan Alam )

DALAM BEBERAPA FOTO YANG MENGISPIRASI

~~~o0o~~~

Kami Dari Semua - Pagar Alam SumSel_

.

SUKU DAYAK HINDU BUDHA BUMI SEGANDU INDRAMAYU

( Komunitas )

_
Kami Dari Semua - Dayak - Hindu Budha - Bumi Segandu Indramayu - Community
Lelaki tua itu berpenampilan berbeda dari orang kebanyakan ( di Indonesai saat ini ) , begitu pula dengan mereka yang lebih muda yang duduk didekatnya. Mereka adalah bagian dari Komunitas Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu.
Suku Dayak Hindu – Budha Bumi Segandu Indramayu adalah komunitas yang berada di Kampung Segandu, Desa Krimun Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat – Indonesia. Yang menarik tentang keberadaan komunitas ini adalah aktifitas keseharian mereka yang berfokus pada hal-hal yang bernuansa ‘religi’ ( Budaya Religi ) dengan memperhatikan hukum – hukum alam, nampak dari atribut sehari-hari ( kalung, gelang, dan pakaian ) yang mereka gunakan juga dalam berbagai upacara dan sejumlah kegiatan lain yang mengekspresikan jiwa religius sekaligus upaya mereka untuk belajar dari ‘kearifan’ alam dan mejalani hidup denan nilai-nilai tersebut.
-
_
Indramayu Fisherman
Alam, selain memikat kita dengan segala pesona dan ke Indahannya, juga menyimpan kekayaan yang selalu dapat dipergunakan manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan hidup. Namum tak jarang pula alam dengan amuk bencananya dalam sekejap meluluh lantakkan kehidupan yang telah ditata begitu lama. Selain merupakan takdir dari Yang Maha Pencipta, Baik kenikmatan atau bencana yang kita dapatkan dari alam tak lepas dari bagaimana kita mengelolanya. Karena itu adalah suatu hal yang bijaksana untuk selalu menjaga keseimbangan hukum alam, sehingga manfaat yang besar secara berkelanjutan bisa kita dapatkan.
-

SUKU DAYAK HINDU – BUDHA BUMI SEGANDU INDRAMAYU HIDUP DALAM HARMONI HUKUM ALAM

Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu

Suku Dayak Hindu – Budha Bumi Segandu Indramayu is a community located in Kampung Segandu, Krimun Village, District Losarang, Indramayu regency, West Java, Indonesia. What’s interesting about the existence of this community is their life activities that focus on things that are nuanced “religion” as they seem from everyday attributes (necklaces, bracelets, and clothing) that they use. various ceremonies, and a number of other activities that express religious soul

Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu

“Alam” adalah sebagai ruang lingkup kehidupan atau sebagai wadah kehidupan, sehingga belajar dari kebijakan alam menjadi bagian dalam keseharian mereka.

Kami Dari Semua - Dayak Indramayu
-

This slideshow requires JavaScript.

-
Foto-foto dalam Slideshow adalah beberapa gambaran tentang Budaya, seni dan alam Indramayu serta beberapa foto dari daerah lain yang menjadi kekayaan Indonesia.
-
-
Untuk saya, saat memandangi foto-foto ini seringkali menghadirkan moment yang mengaduk-aduk aneka rasa menjadi satu didalam hati satunya (ada perasaan yang menyenangkan dan tentu saja ada yang tidak).
Salah satu perasaan yang hadir adalah kerinduan yang sangat dalam untuk berada disuatu tempat di tengah-tengah alam Indonesia, dimana keaslian dan keasrian masih memiliki pengawal setia yang menjaganya. Alam yang selalu menyediakan tempat untuk mencari ketenangan dalam peristirathatan ataupun tantangan dalam petualangan. Alam yang selalu menyambut dengan keelokan dan keramahan bagi yang datang mengunjunginya, menyelimuti dengan kehangatan dan kedamaiaan dalam sejuknya alam yang menemani istirahat dan petualangan. Alam yang tak pernah lupa menitipkan hadiah ‘kenangan akan kindahan’ bagi yang telah meghabiskan kebersamaan dengannya.
-
Indramayu :
is a regency (kabupaten) of West Java, Indonesia. Indramayu is its capital. This regency is located on the northeastern part of West Java. The borders of the regency include:
North: Java Sea
East: Java Sea
South: Cirebon Regency
West: Subang Regency
Southwest: Majalengka Regency
Beberapa foto adalah hasil tangkapan kamera © yoga pratama
dan laman Face of Indonesia - Amazing Indonesian Nature, Culture & Art
-
D. Zaidan Ariko & Sofia MouliZahra Ariko @ Kami Dari S
Beberapa Foto Amazing Indonesia dari daerah lainnya :
Kami Dari Semua - Pagar Alam SumSel

Damai Sejuk Pagar Alam - Sumatera Selatan

Kami Dari Semua - Nelayan Senja Sungai Musi Palembang

Nelayan di Senja Sungai Musi, Palembang - Sumatera Selatan

Kami Dari Semua - Situ Gunung Sukabumi

Tapaki Damainya Situ Gunung, Sukabumi - Jawa Barat

-
~~o00~~
About these ads

12 responses to “Kami Dari Semua : Amazing Indonesia … Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu ( Komunitas )

  1. larasati merita January 28, 2012 at 9:52 AM

    nyari buku.. tentang mereka ada gak ya…???

    • Ariko (&) Sofia January 28, 2012 at 10:27 AM

      Terima Kasih Larasati Merita :)
      Kalau tulisan yang terangkum dalam sebuah Buku mengenai Komunitas ini samapi saat ini saya sendiri belum menemukannya. Tapi setidaknya ada beberapa tulisan tentang mereka ( akan saya coba cari pada File yang pernah saya simpan :) )

      Atau Larasati bisa coba kontak ke Destinasia Magz di http://www.facebook.com/destinasia.magz . Destina Magz adalah Majalah yang cukup memberi perhatian kepada Kebudayaan di daerah Jawa Barat :)

      BTW, Larasati membutuhkan tulisan mengenai Komunitas ini dari sisi Sosial & Budaya atau Politis atau lainnya ? :)

  2. Destinasia Magz January 7, 2012 at 10:35 PM

    Selain keunikan tentunya, sejauh pengamatan kami keberadaan mereka ini masih memiliki kendala dalam hal kewarganegaraan kita. Jelasnya, mereka ini oleh pemerintah setempat tidak memperoleh pengakuan layaknya sebagai warga negara RI, buktinya mereka sampai hari ini tak memiliki KTP karena keengganan mereka untuk mencantumkan kolom agama dalam KTP. Ini masalah sederhana bagi mereka, dan tak dijadikan penghayang untuk mereka berekspresi, namun itu tadi: masa di negara kita masih ada warga negaranya yang jelas-jelas menganut Pancasila namun tak ber KTP, Ironi, bukan?!

  3. nandobase November 29, 2011 at 11:38 AM

    Hidup di tengah masyarakat Indramayu tapi tetap mempertahankan gaya tradisional mereka. Wah, butuh kekuatan mental yang besar itu.

    • Ariko (&) Sofia November 29, 2011 at 2:46 PM

      Wah ada nandobase berkunjung … Terima kasih :)

      Mereka tetap berusaha berbaur dengan masyarakat Indramayu meski dalam penampilan yang berbeda. Tapi untuk tempat tinggal, mereka mempunyai pendopo / perkampungan tersendiri yang juga masih ditengah-tengah masyarakat Indramayu.

  4. Red November 24, 2011 at 5:02 PM

    apa mereka ini masih garis keturunan dayak yang di Kalimantan?

    • Ariko (&) Sofia November 25, 2011 at 11:02 PM

      Halo Red, apa kabar?

      Sekilas penampilan mereka seperti suku-suku yang mendiami daerah pedalaman / daerah terpencil, uniknya tidak demikian dengan suku ini. Suku ini (Komunitas) berada ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Indramayu.

      Sedikit tentang suku ini :
      Suku Dayak Hindu – Budha Bumi Segandu Indramayu, adalah sebuah komunitas independen, mereka tidak mengikatkan diri pada salah satu agama, organisasi kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maupun partai politik tertentu, maupun organisasi kemasyarakatan.

      Warga komunitas ini meyakini ajaran yang diajarkan oleh pimpinan mereka, Takmad Dinigrat, yang disebut dengan ajaran “Sajarah Alam Ngaji Rasa”. Inti ajaran ini adalah mencari kebenaran, melalui penyatuan diri dengan alam, pemuliaan terhadap lingkungan alam, pengabdian kepada keluarga, berperilaku jujur dan sabar.

      Istilah “Suku Dayak” yang mereka kenakan sebagai identitas kelompok ini, bukanlah “suku” dalam etnik (suku bangsa), melainkan sebuah istilah dalam bahasa Jawa Indramayu. Demikian pula kata “Dayak” bukan dalam arti suku bangsa Dayak, melainkan juga diambil dari kata dalam bahasa Jawa Indramayu, yang artinya menyaring/memilih.

      Thanks for stopping by

      Mudah-mudahan ragam Keunikan Budaya & Keindahan Alam Indonesia masih akan tatap bisa dinikmati generasi dimasa mendatang :)

      • Red November 27, 2011 at 3:35 PM

        oh gue kira masih descendant suku2 dayak di pedalaman kalimantan :mrgreen:
        jadi siapa aja yang mau bergabung dengan komunitas mereka diterima ya? karena komunitas mereka tidak diikat oleh garis darah/keturunan dan suku….

        • Ariko (&) Sofia November 29, 2011 at 2:40 PM

          Betul Bro…
          Mereka adalah kelompok terbuka bagi orang-orang yang memiliki cara pandang dan cita-cita yang sama dalam menjalani kehidupan. Berminat bergabung :)

          Sebagai tambahan saja, ternyata mereka ini cukup kritis terhadap pemerintah :)

  5. Irfan Handi November 24, 2011 at 11:34 AM

    Sungguh luar biasa mas. Keaneka ragaman budaya ini wajib disyukuri.

    • Ariko (&) Sofia November 25, 2011 at 11:25 PM

      Betul sekali duakali tiga kali Fan :)

      Mudah-mudahan juga kedepan nanti masyarakat Indonesia lebih baik kesejahteraan ekonominya, sehingga rakyatnya ( khususnya anak-anak dan generasi muda ) dapat pergi kemana saja keseluruh penjuru nusantara untuk menikmati dan belajar dari Alam, Budaya & Seninya.

      Thanks sudah mampir Fan

      • Irfan Handi November 28, 2011 at 1:08 PM

        Amin…

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 160 other followers