KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : Penguat Signal Modem [ USB Extender & Antena CDMA, GSM, 3G, HSDPA, Wireless LAN ]

  • Artikel-artikel Penguat Signal Modem yang diposting di Blog Kami Dari Semua adalah KUMPULAN ARTIKEL DARI BEBERAPA SITUS / BLOG.

Pengunjung yang mungkin tersesat di Blog ini dan Sobat BloggeRs ter … ( apa ya :) Hmmm … ter-BAIK deh ) pasti pernah mengalami hal yang menjengkelkan manakala keinginan untuk menjelajahi Dunia Maya baik untuk mencari hiburan, mengumpulkan informasi atau bersosialisasi dengan teman dan Keluarga ternyata terkendala oleh lambatnya sambungan Internet. Banyak faktor teknis yang menyebabkan sambungan internet menjadi begitu lambat, salah satu penyebabnya adalah lemahnya Signal Internet yang dapat ditangkap oleh Modem yang kita gunakan ( terlihat pada Signal Bar ).

Bila penyebab lambatnya akses internet adalah Signal Internet yang lemah maka artikel  “Penguat Signal Modem” menggunakan USB Extender dan Antena CDMA, GSM, 3G, HSDPA serta CARA MEMBUATNYA yang dimuat di Blog Kami Dari Semua mungkin dapat membantu kita untuk mengatasinya.

Artikel-artikel Mengenai Penguat Signal Modem yang diposting pada Blog ini adalahKUMPULAN ARTIKEL DARI BEBERAPA SITUS/ BLOG hasil Blogwalking saya tahun lalu (2011).  Saya baru mencoba USB Extender untuk Modem yang saya gunakan dan hasilnya cukup OK untuk memperkuat penerimaan Signal . Saya (sangat) ingin mencoba membuat Antena untuk Modem CDMA, GSM, 3G, HSDPA mengikuti petunjuk yang didapat dari situs-situs / blog-blog sumber artikel ini, mudah-mudahan bisa kesampaian dalam waktu dekat ini.

Dikesempatan posting bertema “Signal Internet” ini, KamiDariSemua akan Share 3 (tiga) Artikel terkait judul diatas masing-masing dari Kafeilmu, Oprekzone & Jogsa.Net

 

1. Kafeilmu :

{ http://kafeilmu.com/2011/12/membuat-sendiri-indoor-antenna-3g-hsdpa.html }

MEMBUAT ANTENNA 3G HSDPA Mini

Sudah tidak sabar bagaimana cara membuat sendiri antenna bi-quad untuk menangkap sinyal 3G HSDPA? Anda tidak perlu mahir dalam elektronika, yang dapat menghitung akurasi ketepatan penangkapan signal antenna, asah dan coba saja kreatifitas Anda, diluar sana banyak sekali kalkulator antenna yang bisa digunakan untuk membuat antenna sendiri.

Caranya: Kumpulkan dulu bahan yang dibutuhkan. Signal 3G berada pada 2100 Mhz. Setelah dihitung dengan kalkulator antenna, berikut adalah gambar spesifikasi ukuran yang dibutuhkan.

Kami Dari Semua - Skema Antena Modem 3G HSDPA

  • Frequency (MHz): 2100
  • Panjang L1 (mm): 34.65
  • Panjang L2 (mm): 97.02
  • Panjang B (mm): 57.1
  • Panjang H (mm) 114.3
  • Diameter kabel (mm): 1.32
  • Jarak D (mm) 17.875
  1. Pertama kali pilihlah kabel dengan diameter kira-kira 1.32 mm, buang kulitnya.
  2. Bagian satu: bentuk kabel menyerupai angka 8 tapi bersudut siku, dengan panjang tiap-tiap siku (L1) 34.65. Berawal dari bagian tengah dan berakhir dibagian tengah. Sisakan kabel kira-kira 10 cm pada ujung, nantinya digunakan untuk penahan pada modem.
  3. Bagian dua: buat persegi panjang dengan lebar 57.1 dan panjang 114.3.
  4. Letakkan bagian 1 persis di tengah-tengah kotak persegipanjang (bagian dua).
  5. Agar posisi tetap ikat tiap-tiap ujung siku pada sisi persegi panjang dengan kabel serabut. Usahakan posisi tetap ditengah kotak.

Setelah diikat kemudian  dipasangkan pada Modem,  kira-kira jadinya seperti ini:

Penangkapan sinyal modem tanpa tambahan antenna mini3G/HSDPA ala kafeilmu.

Signal yang didapat adalah 2G/EDGE itupun tidak maksimal cuma 58%.

Penangkapan sinyal modem dengan tambahan antenna mini 3G/HSDPA ala kafeilmu.

Signal 3G dapat ditangkap, meski hanya 16-18%, tapi sinyalnya kuat dan speednya bagus.

Note: Modem yang digunakan adalah Prolink PHS100 dengan kartu selluler AXIS. Karena posisi menentukan prestasi, jadi posisi antenna juga menentukan penangkapan sinyal 3G.

  • Referensi:
  • Terimakasih Mbah Google dan
  • changpuak.chelectronics.

 

2. Oprekzone:

{ http://oprekzone.com/cara-membuat-pembuatan-usb-extender-extended-modem }

MEMBUAT ANTENNA 3G HSDPA Mini

Cara Membuat, Pembuatan USB Extender, Extended Modem.
Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat USB Extender atau perpanjangan USB Extended untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN.

Berikut alat dan bahan untuk pembuatannya :

  1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5 meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter
  2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada
  3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik
  4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel
  5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm
  6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar

Langkah Pembuatan USB Extender :

  1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -.
  2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel, disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya
  3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong.
  4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong.
  5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari usb Extender yang telah dipotong.
  6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.

Potongan Konektor USB dan UTP :

Kable UTP dan Konektor USB :

USB Extender 5-meter :

Anda ingin mengetahui berapa Kecepatan Koneksi Internet Anda..? Dengan software di bawah ini Anda dapat melakukan test kecepatan koneksi internet dari Server manapun.

Software Speedtest Internet

Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk.

Nah Pembuatan USB Extender selesai dan Extended siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Modem atau Wireless-LAN.

Pengalaman saya dalam membuat USB Extender, panjang total efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 10 meter. Di atas 10 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !!

Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut USB Extender bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter. Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended Modem dan Wireless..?

 

3. Jogsa.Net :

{http://jogsa.net/2011/05/10/cara-memperkuat-sinyallengkap/}

1. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Wajan Bolic.

  • Wajan berdiameter minimal 45 cm
  • USB wirelles 11 MB + kabel
  • Kaleng berdiameter 10 cm dengan tinggi 15 cm
  • Sok drat luar dan dalam masing – masing (2 buah)
  • Paralon 0,5” inch
  • Bor
  • Mur Gergaji besi

2. Langkah – langkah pembuatan Wajan Bolic

  • Lubangi wajan tepat ditengah sesuai dengan ukuran baut yang digunakan sebagai penyangga.
  • Potong paralon setinggi kaleng ditambah jarak dasar wajan ke kaleng setinggi 5 cm. Dan belah sebagian paralon sebagai penjebit USB Wirelles.
  • Potong sok drat luar sehingga berbentuk seperti gambar berikut.
  • Lubangi bagian dasar kaleng pas di tengah sesuai ukuran mur. Dan sekaligus lubangi bagian samping kaleng sesuai ukuran USB wireless untuk menghubugkan kabel USB ke USB wireless.
  • Pasang USB pada paralon yang telah di belah. Dan ikuti dengan memasang sok drat luar. Seperti gambar berikut.
  • Masukkan USB yang telah dipasang pada paralon tadi kedalam kaleng dan pasang kabel USB melaui lubang pada bagian samping kaleng.
  • Pasang kaleng yang telah ada USB pada wajan

Source: tenriewa[.]co[.]cc

Wajan Bolik - Kami Dari Semua  Baca juga : WAJAN BOLIC 2

 

  • Terakhir Update Artikel ini saya sudah mencoba memperaktekkan ANTENNA 3G HSDPA Mini ( sebelumnya saya juga telah mencoba USB Extender ), hasilnya dapat menambah 2 bar signal ( kebetulan waktu itu saya sedang berada di Sukabumi dimana signal yang tertangkap modem hanya 2 dari maksimal 6 bar ) dengan menggunakan antena mini ini signal yang tertangkap menjadi 4 bar dari 6 bar maksimal, lumayan saya dapat melakukan browsing & Blogwalking serta posting di Blog ini dan seperti kata Kafeilmu… Posisi memang menentukan keberhasilan mendapatkan signal yang lebih baik, jadi bila setelah memasang antena mini ini belum juga mendapatkan penambahan signal, cobalah hadapkan antena mini kearah lainnya sampai mendapatkan signal yang lebih baik :)
  • Kedua penguat Signal ini lebih terasa manfaatnya saat di daerah yang memang kurang tercover oleh jangkauan singnal dari menara pemancarnya ( menurut pengalam saya yang mungkin berbeda-beda dengan pengguna lainnya :) sesuai dengan kondisi daerah masing-masing ). Kedua-duanya cukup baik untuk mendongkrak signal yang tertangkap modem serta menambah kestabilan signal yang pada akhirnya cukup membantu dalam meningkatkan kecepatan akses ( tidak drastis memang tapi cukuplah untuk mengobati kekecewaan karena sebelumnya tidak dapat  mengakses Internet).

 


» HOT News : Blogger WordPress.com SEKARANG bisa pasang  SHOUTBOX di Sidebar !!!

Powered By : 99SHOUTBOX

About these ads

12 responses to “Kami Dari Semua : Penguat Signal Modem [ USB Extender & Antena CDMA, GSM, 3G, HSDPA, Wireless LAN ]

  1. ALFONSUS SAMOSIR July 25, 2014 at 8:20 PM

    selamat malam mohon informasi dari yg punya blog KAMI DARI SEMUA “INDONESIA BLOG WALKER”
    APA KAH ADA ALAT PENYAMBUNG DARI KABEL TELEPON UTP RG 11 KE USB UNTUK DI KOMPUTER ATAU LAPTOP

  2. Rahasia Membersihkan Keramik Rumah April 3, 2014 at 10:38 PM

    WEW … MANTAP .. !!!! …. Info yang sangat bermanfaat nih ….
    Salut buat Kamu .. Oh iya, Jika membutuhkan Informasi RAHASIA
    membersihkan keramik kamar mandi dll, silahkan baca
    di http://pembersihkeramik.com/rahasia-ampuh-membersihkan-keramik-rumah-terbukti/

  3. murdhy hawali August 11, 2012 at 12:19 PM

    karena daerah saya jauh dari kota untuk internetpun sangat susah, dan modem yang saya gunakan kadang-kadang tidak ada sinyalnya. akhirnya saya mendapat ide untuk mencoba membuat antena, dari bekas tutup pengaman kipas angin duduk yang sudah tidak terpakai dan timbah dengan dibuat sedemikian rupa. awalnya saat di lakukan test, ternyata masih belum ada sinyal, tetapi saya coba untuk tetap on… dan ternyata walaupun tidak ada sinyal hasilnya sangat menakjubkan….dan sukses..

    • Bismark Manalu July 9, 2013 at 9:31 PM

      Saya gunakan tutup panci kombinasi dengan kawat jaring antena TV. Hasilnya sangat memuaskan,signal naik sampai 75%.rumah saya jauh di desa,namun dengan antena buatan sendiri mampu mengakses internet lebih cepat.sekarang tergantung paket internetannya.kalau pakai unlimited,pasti jauh lebih cepat seperti pakai Speedy di Rumah. sayang,saya tidak bisa upload gambarnya…..silahkanlihatdiFB saya “bismark manalu” (

  4. rahman March 24, 2012 at 6:56 AM

    wah, bermanfaat . .
    Kebetulan lagi nyari inspirasi membuat penguat sinyal. . .
    Nice post. .

    Nah kalau sdah pnya akses internet cepat. . Mampir ya ke http://www.Lam-Alif.com

  5. Agam TrueBlue March 22, 2012 at 10:00 PM

    postingannya bermanfaat nih :D kapan2 coba ah

  6. bensdoing February 7, 2012 at 11:42 AM

    thx berat ya sob share-nya…..
    sptnya mmg perlu dicoba nich….!

  7. Fayes January 26, 2012 at 11:13 PM

    Keetulan dikamar w sinyal CDMA lemot sob, saya biasanya pake antena TV ditaruh diatas piring stainless modemnya ditaruh di atas piring juga. maknyus kok sinyalnya… hi hi hi

    • Ariko (&) Sofia January 27, 2012 at 12:17 AM

      Penasaran nih, coba upload foto-nya Sob … Antena TV model apa & piring stainless nya seperti apa juga ? Menarik nih Sob, biar yang lain pada tau dan terbantu juga :)

      BTW, masalah koneksi Internet ini memang ga’ se sederhana yang kita kira ya Sob, banyak lagi faktor yang mempengaruhi transmisi signal … Boleh tuh Sob di angkat di Blog Fayesscool :wink:

  8. place i kadry January 11, 2012 at 8:06 PM

    Very useful blog. It was very useful. I was searching exaxtly for this. Thank you for your effort. I hope you will write more such useful posts.

  9. Ariko (&) Sofia January 3, 2012 at 9:33 PM

    He he saya langsung coba praktekan Penguat Signal ala Muslim … dengan sedikit modifikasi menambahkan piringan CD bekas and It’s Work :). Lumayan untuk mengundang lebih banyak Signal yang datang nyamperin Modem kita.

    Saya juga sudah mencoba Tips dari KafeIlmu : Mini Indoor antenna 3G HSDPA dan sama seperti Spoon Antenna :) alat sederhana ini bekerja cukup baik.

    Dari pengamatan ( dengan sedikit uji coba ) Antenna-2 sederhana yang mudah dibuat dengan bahan-2 yang gampang ditemukan di rumah kita ini, berfungsi maksimal memperkuat penangkapan Signal GPRS dan berfungsi cukup baik memperkuat penangkapan Signal HSDPA :).

    Kebetulan beberapa hari ini saya sedang berlibur dirumah keluarga di daerah Situ Gunung Cisaat Sukabumi dimana penangkapan signal dengan external GSM modem sangat lemah. Setelah menggunakan Spoon Antenna atau Mini Indoor antenna, signal yang dapat ditangkap oleh modem cukup mengalami peningkatan.

    Thanks 4 Sharing :)

  10. MuslimPribadi January 1, 2012 at 11:27 PM

    Kalau saya pakai sendok buat penguat sinyalnya. Nempelinnya pakai selotip. hehe.

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 160 other followers