KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : MENGENAL JENIS PENYAKIT ISPA, FLU DAN PILEK PADA BAYI DAN ANAK-ANAK ( PENCEGAHAN, GEJALA, PEMERIKSAAN DAN DIAGNOSA )

[ KESEHATAN – ISPA dan ANTIBIOTIK ]

Ariko & Litlle Sofia - Kami Dari Semua// Ditulis oleh  : Ariko & Litlle Sofia

 


MENGENAL  JENIS PENYAKIT ISPA, FLU DAN PILEK PADA BAYI DAN ANAK-ANAK
(  PENCEGAHAN, GEJALA, PEMERIKSAAN DAN DIAGNOSA  )


ispa-ari-kami-dari-semua-wordpress-blogISPA adalah salah satu jenis penyakit infeksi  yang  paling sering menyerang kesehatan masyarakat dengan  penularan yang  sangat cepat. Penderita penyakit ISPA sebagian besar adalah bayi dan anak-anak baik dinegara miskin, berkembang maupun dinegara maju. Penyakit ISPA yang diderita pada masa bayi dan anak-anak yang tidak mendapatkan penanganan dengan tepat dapat mengakibatkan terhambatnya proses tumbuh kembang bahkan sampai menyebabkan kecacatan.

penyakit ISPA menjadi permasalahan kesehatan dengan efek negatif yang cukup luas dan beragam. karena itu harus mendapatkan perhatian seksama, terlebih penyakit ini masih menjadi penyebab kematian bayi dan balita dengan perbandingan yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4 atau sekitar 20 % -30 %  dari kematian yang terjadi adalah disebabkan oleh penyakit  ISPA. Kematian yang terbesar umumnya adalah disebabkan oleh pneumonia pada bayi berumur kurang dari 2 bulan.

Bagi Ibu Rumah Tangga, memiliki pengetahuan yang memadai mengenai penyakit ISPA menjadi sangat bermanfaat, dengan pengetahuannya tersebut seorang Ibu Rumah Tangga dapat melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pencegahan penyakit ISPA dan penularannya serta dalam melakukan perawatan terhadap anggota keluarga yang menderita penyakit ISPA. Lebih luas dari itu, dengan makin banyaknya Ibu Rumah Tangga yang memahami penyakit ISPA dengan Baik maka pemberantasan penyakit ISPA dapat terlaksana jauh lebih baik dan cepat pula.

Kematian karena penyakit ISPA seringkali disebabkan karena penderita yang datang untuk berobat sudah dalam keadaan menderita penyakit ISPA yang berat dan sering disertai penyulit-penyulit serta kurang gizi. Sementara itu dimasa tumbuh kembangnya setiap anak diperkirakan mengalami 3-6 episode ISPA setiap tahunnya. 40 % -60 % dari kunjungan pasien di Puskesmas adalah disebabkan oleh penyakit ISPA.


APAKAH PENYAKIT ISPA ITU ?

Kita sudah terbiasa mengartikan ISPA sebagai Infeksi Saluran Pernapasan Atas akan tetapi pengertian yang benar dari ISPA itu sendiri adalah  : ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Infeksi Pernafasan Akut yang disebabkan oleh infeksi virus ini meliputi  / termasuk didalamnya Saluran Pernapasan Bagian Atas dan Saluran Pernapasan Bagian Bawah  yang dimulai dari hidung sampai paru-paru beserta organ-organ disekitarnya seperti : sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru. Pilek dan flu adalah penyakit ISPA yang  paling umum.

Profesional Kesehatan memberikan gambaran umum tentang Saluran Pernapasan Atas  yang mencakup hidung, sinus  (rongga berisi udara di dalam tulang pipi dan dahi), mulut (termasuk amandel), faring (bagian di belakang tenggorokan yang mencegah benda asing masuk ke paru-paru), dan laring (kotak suara yang berisi pita suara) dan Saluran Pernapasan Bawah terdiri dari trakea (tabung yang menghubungkan tenggorokan ke paru-paru), bronki (dua cabang dari trakea yang memasuki paru-paru), bronkioli (saluran udara kecil-kecil di seluruh paru-paru) dan alveoli (kantung-kantung udara kecil di ujung bronkioli).

Infeksi yang  terjadi pada penyakit ISPA dapat terjadi baik pada saluran pernapasan atas maupun bawah. Namun, infeksi pada bagian atas  lebih umum terjadi. Selain pilek dan flu, jenis ISPA yang lain misalnya sinusitis, tonsilitis, faringitis, laringitis oleh infeksi virus dan bakteri lainnya. Infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan bawah seperti bronkitis, bronkiolitis dan pneumonia tidak tercakup dalam ISPA, meskipun mereka mungkin dimulai oleh ISPA atau berkembang sebagai komplikasi ISPA.

Penyakit ISPA  yang diderita pasien dapat berlangsung dalam dalam kurun waktu  sampai 14 hari atau kurang dari 3 minggu. Sebagian besar penyakit ISPA bersifat ringan seperti batuk pilek dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik serta dapat sembuh dengan  sendirinya (self-limited diseases).  Namun demikian kita tidak boleh menyepelekannya karena ada jenis penyakit ISPA yang termasuk dalam kategori pneumonia berat yang terjadi pada bayi dan anak bila tidak  ditangani / mendapatkan perawatan yang baik dengan antibiotik yang tepat maka penyakit ISPA ini dapat mengakibat kematian.


DEFINISI PENYAKIT ISPA

Menurut DepKes RI (1998)  & DepKes RI (2004), infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan istilah yang diadaptasi dari istilah Bahasa Inggris Acute Respiratory Infections (ARI). Istilah ISPA meliputi tiga unsur penting yaitu

  • Infeksi

  • Saluran pernafasan

  • Akut

Pengertian Atau Batasan Masing-Masing  Unsur Penyakit ISPA Adalah Sebagai Berikut :

a. Yang dimaksud dengan infeksi adalah masuknya kuman atau mikroorganisme ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit.

b. Yang dimaksud dengan saluran pernafasan adalah organ yang mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. Dengan demikian ISPA secara anatomis mencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah (termasuk jaringan paru-paru) dan organ adneksa saluran pernafasan. Dengan batasan ini maka jaringan paru termasuk dalam saluran pernafasan (respiratory tract).

c. Yang dimaksud dengan infeksi akut adalah infeksi yang berlangsung sampai dengan 14 hari. Batas 14 hari ini diambil untuk menunjukkan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapat digolongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari (DepKes. RI, 1998 : 3 dan 4).

Berdasarkan definisi-definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ISPA adalah suatu keadaan dimana kuman penyakit berhasil menyerang alat-alat tubuh yang dipergunakan untuk bernafas yaitu mulai dari hidung, hulu kerongkongan, tenggorokan, batang tenggorokan sampai ke paru-paru, dan berlangsung tidak lebih dari 14 hari.

Berdasarkan pengertian diatas, maka ISPA adalah infeksi saluran pernafasan yang berlangsung selama 14 hari. Saluran nafas yang dimaksud adalah organ mulai dari hidung sampai alveoli paru beserta organ adneksanya seperti sinus, ruang telinga tengah, dan pleura


ETIOLOGI PENYAKIT ISPA

Etiologi ( ilmu pengetahuan atau teori tentang faktor penyebab. suatu penyakit atau asal mula penyakit, Dorland (2002)) ISPA terdiri dari lebih dari 300 jenis penyakit bakteri, virus, dan riketsia. Virus penyebab ISPA antara lain adalah golongan Miksovirus, Adenvirus, Koronavirus, Pikornavirus, Mikoplasma, Herpesvirus dan lain-lain .


GEJALA PENYAKIT ISPA

Gejala ISPA sangat bervariasi. Antara penyakit satu dan yang lainnya sering mempunyai gejala yang serupa.  Sebagai contoh, kita mungkin sulit membedakan common cold dengan flu karena gejalanya hampir sama. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyakit yang dialami anak kita.

Berikut ini adalah gejala ISPA pada anak-anak :

  • Demam

  • Batuk

  • Pilek, hidung tersumbat, atau bersin-bersin

  • Nyeri tenggorokan/nyeri menelan

  • Suara serak

  • Sakit kepala, badan pegal-pegal, atau nyeri sendi

  • Lesu, lemas

  • Sesak napas

  • Frekuensi napas cepat


DIAGNOSA PENYAKIT ISPA

ISPA sebetulnya merupakan istilah untuk banyak penyakit infeksi di saluran pernapasan. Berikut ini adalah penyakit yang termasuk dalam ISPA :

  1. Common cold

  2. Flu, Influenza

  3. Rhinosinusitis atau Sinusitis

  4. Tonsilitis, Faringitis, atau Tonsilofaringitis (Radang Tenggorokan)

  5. Strep Throat

  6. Abses peritonsilar

  7. Otitis Media Akut (Infeksi telinga tengah)

  8. Epiglotitis

  9. Laringitis

  10. Trakeitis

  11. Bronkitis

  12. Bronkiolitis

  13. Pneumonia

  14. Pleuritis

 Jadi apabila dokter mendiagnosis seorang anak  terserang penyakit ISPA, maka anak  tersebut mungkin sakit common cold atau radang tenggorokan atau yang lainnya. Tanyakanlah kepada dokter mengenai diagnosis yang  lebih  spesifik.

Flu disebabkan oleh virus dan biasanya memiliki masa infeksi 5 hari hingga 2 minggu, tergantung pada daya tahan tubuh, dan tidak ada orang lain yang terinfeksi di sekitarnya. Pilek atau ingus yang keluar saat flu, merupakan mekanisme tubuh untuk membuang virus yang tengah berkembang biak dalam rongga hidung dan sekitarnya.
Flu dapat menular melalui batuk dan bersin, kontak langsung, dan pemakaian suatu barang secara bersama-sama. Gejala-gejala flu antara lain melingkupi, hidung meler dan terkadang tersumbat, mata merah berair, batuk, bersin, suara agak serak, nyeri dan sakit pada tulang, sendi dan otot, demam, serta diawali dengan ingus encer yang bening dan kemudian menjadi kental kehijauan lalu diakhiri dengan ingus yang kembali bening dan encer.
Pilek atau ingus yang keluar saat flu, merupakan mekanisme tubuh untuk membuang virus yang tengah berkembang biak dalam rongga hidung dan sekitarnya.


KLASIFIKASI PENYAKIT ISPA

ISPA secara kelompok besar dapat diklasifikasikan menjadi :

  1. Pneumonia berat, secara klinis ditandai oleh batuk-pilek, demam, dan sesak napas berat.

  2. Pneumonia secara klinis ditandai oleh batuk-pilek, demam, dan sesak napas.

  3. Bukan Pneumonia, secara klinis ditandai oleh batuk dan atau pilek bisa disertai demam, tanpa sesak napas/napas cepat. Yang termasuk bukan pneumonia adalah rinofaringitis, tonsilitis, dan faringitis.

Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli). Tanda dan gejala pneumonia adalah adanya batuk disertai kesukaran bernapas seperti napas cepat dan atau tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam.

Penyakit batuk pilek seperti rinitis, faringitis, tonsilitis dan penyakit jalan napas bagian atas lainnya digolongkan sebagai bukan pneumonia. Etiologi dari sebagian besar penyakit jalan napas bagian atas ini ialah virus dan tidak dibutuhkan terapi antibiotik. Faringitis oleh kuman Streptococcus jarang ditemukan pada balita. Bila ditemukan harus diobati dengan antibiotik penisilin, semua radang telinga akut harus mendapat antibiotik .


KOMPLIKASI PENYAKIT ISPA

Komplikasi ISPA yang dapat terjadi diantaranya :

  1. Sinusitis

  2. Sesak napas

  3. Pneumonia dan pneumonia berat

  4. Otitis Media Akut

  5. Demam Reumatik, Penyakit Jantung Reumatik dan Glomerulonefritis, yang disebabkan oleh radang tenggorokan karena infeksi Streptococcus beta hemolitikus grup A  (Strep Throat)

Penyakit Pneumonia merupakan infeksi saluran pernafasan radang akut bagian bawah pada jaringan paru-paru. Pada istilah lainnya pneumonia yaitu alvelio, terjadi karena kantong udara dalm paru-paru terinfeksi kuman dan cairan, sehingga kemampuan untuk menyerap oksigen menjadi berkurang.
Dengan berkurangnya oksigen maka akan membuat sel-sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena penyebaran infeksi ke seluruh tubuh itulah yang menyebabkan balita penderita pneumonia bisa meninggal.


PEMERIKSAAN PENUNJANG PENYAKIT ISPA

ISPA yang ringan umumnya tidak memerlukan pemeriksaan penunjang. Diagnosis ISPA sering dilakukan secara klinis. Namun apabila terjadi komplikasi seperti pneumonia berat, biasanya diperlukan pemeriksaan laboratorium dan roentgen. Pada kondisi tertentu seperti demam yang berkepanjangan mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium. Diskusikan dengan dokter anda mengenai pemeriksaan ISPA.

ornament-archaic

Related articles :


Kami Dari Semua Blogwalking – an IndonesiaAn Blogwalker : MENGENAL JENIS PENYAKIT ISPA, FLU DAN PILEK PADA BAYI DAN ANAK-ANAK ( PENCEGAHAN, GEJALA, PEMERIKSAAN DAN DIAGNOSA  ) : Article on WordPress Blog


Kami Dari Semua –  Sumber Bacaan :
http://www.depkes.go.id/
POLA PENGOBATAN RASIONAL – Purnamawati Sujud Pujiarto, Dr, SpAK, MMPed
Koran Republika – Obat batuk herbal aman untuk anak
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23090/4/Chapter%20II.pdf
http://shaumi-shaumi.blogspot.com/2010/01/infeksi-saluran-pernafasan-akut-ispa.html
http://www.scribd.com/doc/58090230/9/Etiologi
http://www.arisclinic.com/2011/04/penanganan-dan-pengobatan-ispa-anak/
http://thenewpiogama.wordpress.com/2007/06/08/antibiotik-untuk-ispa-perlukah/
http://health.kompas.com/read/2011/04/08/03054264/Antibiotik.Tak.Rasional.Bisa.Ada.Pandemi.
http://www.iaikalbar.net/16042011/dosa-besar-jika-puyer-bayi-dicampur-antibiotik.html
http://farmasi.ugm.ac.id/berita-149-prof-kuswandi–resistensi-bakteri-terhadap-antibiotika-kian-meningkat.html


ornament-archaic
About these ads

20 responses to “Kami Dari Semua : MENGENAL JENIS PENYAKIT ISPA, FLU DAN PILEK PADA BAYI DAN ANAK-ANAK ( PENCEGAHAN, GEJALA, PEMERIKSAAN DAN DIAGNOSA )

  1. Angelie Barbie November 4, 2014 at 10:09 PM

    Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
    penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa AkI RORO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
    akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah meman bener-bener terbukti tembus.
    saya sangat berterimakasih banyak kpd AkI RORO.atas bantuan AkI saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan silahkan HBG AkI RORO DI nomo:085-330-001-769.nomor goip yg di berikan AkI RORO jangan di ragukan lagi saya sudah buktikan 3x jp.silahkan anda buktikan sendiri…:

  2. Kipas Industri April 16, 2014 at 4:46 PM

    terima kasih sharing

  3. OBAT HERBAL HERNIA January 8, 2014 at 8:44 AM

    Makasih banyak buat infonya…
    sangat bermanfaat sekali… http://goo.gl/gpxq06

  4. obat herbal keputihan October 23, 2013 at 10:57 AM

    Jika menderita sinusitis tapi hanya sebelah saja itu penyebabnya apa saja dan apakah kalau sudah sembuh bisa kumat lagi?

  5. Fendi haris August 20, 2013 at 3:09 PM

    sangat penting sekali mengetahui penyakit agar bisa memprediksi dan mengobati langkah yang diambil,,

  6. GLorya S Maliangkay December 4, 2012 at 12:36 PM

    makasiii buat infonya,,
    skrg saya tau diagnosa penyakit saya

  7. ogieurvil November 12, 2012 at 6:42 PM

    thanx for sharing yaa… baru punya baby neh, bisa bermanfaat… Salam kenal…

  8. Fartafa September 25, 2012 at 10:14 AM

    ni baik gan, semoga yang lainnya juga membaca artikel ini

  9. Fartafa September 25, 2012 at 10:13 AM

    ini bermafaat gan semoga lebih baik kedepannya atas kewaspadaan orang2

  10. aristia July 2, 2012 at 10:38 PM

    kalu bisa lebih di tambah dengan dampak ISPA padda balita diperjelas

  11. nadiaananda June 27, 2012 at 2:17 PM

    Yang Sepi ini sedang ditemai oleh secangkir Kopi dan Sebatang Rokok.. Namun Ditambah Baca Artikel.. Mancaaapppp.. :P

  12. jaka June 27, 2012 at 2:12 PM

    Salam Kenal Untuk Semuanya Yaa… :) benar tuh,, harus jaga” bayinya..

  13. SaniNugraha June 15, 2012 at 4:13 PM

    gimana kabarnya nih gan? lama ga berkunjung nih –

  14. Randeezt May 11, 2012 at 9:58 PM

    Makasih ilmunya om, bisa berguna nih kalau nanti punya anak… hehehe

    Oya ciri2 orang terkena asma itu gimana ya ?

  15. yongki April 9, 2012 at 11:38 AM

    makasih yach… atas infonya

  16. Red March 20, 2012 at 11:33 PM

    kalo tiap hari naik motor dan terpapar co2 dari kendaraan bermotor apa berpotensi kena ISPA juga ?

  17. cycha March 20, 2012 at 7:32 PM

    Ass….
    Kalau boleh nanya kegunaan salbutamol dalam penyakit ISPA itu ap yach……???

  18. autism treatments March 10, 2012 at 1:09 AM

    Keep this going please, great job!

  19. buy web traffic, get web traffic, traffic packages, buy real web traffic, buy facebook fans, buy real facebook fans, buy twitter followers, buy real twitter followers March 9, 2012 at 1:29 PM

    Attractive section of content. I simply stumbled upon your site and in accession capital to assert that I get
    in fact loved account your blog posts. Anyway I will
    be subscribing to your augment and even I fulfillment you get entry to constantly quickly.

    • Red March 20, 2012 at 11:32 PM

      wah ini komentar spam jangan diloloskan masbro. kalo kebanyakan, nanti disuspend blognya ama wp

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 160 other followers