KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : Mudah-Mudah Susah Untuk Konsisten Melakukan Aktifitas Kreatif

// Tulisan Bersambung

Tulisan Pertama
Enam hari adalah waktu yang cukup [ sangat ] panjang tanpa kegiatan menulis ( di Blog Kami Dari Semua ), sejak tulisan terakhir yang saya buat. Blogwalking – ‘Petualangan’ Sang Blogwalker yang menjadi tulisan terakhir, ditulis pada tanggal 8 Nopember atau bila memposting ulang sebuah renungan yang menarik dari seorang teman dibelahan benua lain yang berjudul ” Kami Dari Semua : My ‘unprofessional’ Opinion – By Mutua Matheka on WordPress ” kemudian men-share-nya di ruangan Blog ini  pada tanggal 9 Nopember yang lalu masih boleh dikatakan sebuah tulisan, itupun telah berlalu Empat hari silam.

Sebetulnya tulisan ini dibuat pada tanggal 14 Nopember 2011 dan direncanakan menjadi tulisan pembuka setelah sekian hari tidak memposting apapun di Blog ini. Akan tetapi ditengah-tengah penggarapannya, saya malah berputar haluan dan menulis dua tulisan lain dengan pokok bahasan yang berbeda yang kemudian ternyata kedua tulisan tersebut selesai terlebih dahulu kemudian langsung diposting pada tanggal 15 Nopember 2011. sementara tulisan ini justru menjadi tertunda penyelesaiaannya. Teringat sebuah pesan yang pernah disampaikan kepada saya  bahwa  “apa yang sudah dimulai harus diselesaikan”, maka akhirnya saya lanjutkan menyelesaikan tulisan ini… dan inilah dia hasilnya.

Menyadari hal ini membuat saya teringat sebuah tulisan yang pernah saya posting dengan judul  ” Luangkan Waktu Untuk Aktifitas Kreatif ” , sebuah terjemahan bebas atas tulisan seorang teman yang juga berada jauh dari Indonesia. Lalu apa hubungannya antara waktu yang cukup lama tidak menulis dengan sebuah tulisan yang saya sebutkan diatas ?

Satu diantara saran dari teman tersebut mengatakan “salah satu aktifitas kreatif yang ‘gampang’ untuk dilakukan adalah Menulis Bebas”, cukup dengan menyempatkan diri menuangkan apa yang terlintas dalam fikiran kita dalam bentuk tulisan berarti kita sudah melakukan sebuah aktifitas kreatif dihari itu … simple as that memang tapi ternyata bukan hal yang gampang untuk dilakukan.

Begitu banyaknya jenis aktifitas kreatif yang dapat dipilih untuk dilakukan, seharusnya membuat aktifitas ini menjadi sesuatu yang gampang dilakukan. Kita dibebaskan memilih untuk mengerjakan satu atau beberapa aktifitas kreatif bersamaan dengan rutinitas keseharian dan menulis bebas adalah salah satu aktifitas kreatif yang ‘tidak terlalu sulit’ dan  sangat mungkin untuk dilakukan diantara rutinitas tersebut.

Kegiatan kreatif selalu ( seharusnya ) menghadirkan rasa yang menyenangkan bahkan dapat menjadi begitu menyenangkan ketika dipadu padankan dengan kegemaran atau hobi. Terlebih lagi bagi sebagian orang yang dari aktifitas kreatifnya mendapatkan nilai tambah  ‘ekonomi’ tentunya aktifitas ini sangat menyenangkan baginya, sebagai contoh adlah pelukis yang memang sangat menikmati aktifitas melukisnya kemudian mendapatkan uang dari lukisan yang dibeli oleh orang yang suka akan lukisan yang dibuatnya.

Perasaan menyenangkan dan kegembiraan yang dirasakan saat melakukan aktifitas kreatif bahkan dapat dinikmati oleh mereka yang tidak terlibat melakukannya secara langsung. Seorang Polisi Lalu Lintas yang mengatur arus kendaraan dengan menyelipkan gerakan kreatif dalam aba-abanya akan merasakan kegembiraan dalam pekerjaan yang dilakoninya dan bagi pengguna jalan raya apa yang dilakukan Polisi tersebut menghadirkan perasaan terhibur disela perjuangan mereka ditengah padat dan kacaunya  arus lalulintas untuk sampai ketempat tujuan.

Sementara bagi seorang blogger, Kegiatan menulis selain menjadi aktifitas kreatif juga menjadi ukuran aktif atau tidaknya blogger tersebut.  Tentu saja bila dalam satu hari seorang blogger tidak menulis atau memposting sebuah tulisan, tidak dapat langsung dikatakan bahwa hari itu dia sedang tidak kreatif. Beragam aktifitas pokok yang penting tetap harus dikerjakan oleh blogger diluar kegiatan Blogging, kadang memaksanya untuk menunda menulis serta mempostingkan tulisan tersebut pada blog yang dikelolanya.

Mensiasati kesibukan yang disebabkan padatnya aktifitas pokok yang harus dikerjakan dan segera diselesaikan dengan kegiatan blogging yang mengharuskan kita aktif dan disiplin untuk menulis, dapat dilakukan dengan menuliskan terlebih dahulu kerangka pokok dari sebuah ide yang terfikirkan. Ide adalah  aset yang sangat berharga dan tetap dapat muncul meskipun ditengah-tengah kesibukan yang menyita fikiran.

Berawal dari sebuah  ide, seorang blogger dapat membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi dirinya dan bagi pengunjung yang membaca tulisannya. Karena itulah seorang blogger hendaknya tidak menyia-nyiakan ide yang hadir kedalam benak dan fikirannya dengan cara mencuri sedikit waktu dari kesibukannya untuk sekedar menuliskan kerangka pokok dari ide yang didapatkannya  sebelum ide tersebut menguap hilang …
[Bersambung ]

One response to “Kami Dari Semua : Mudah-Mudah Susah Untuk Konsisten Melakukan Aktifitas Kreatif

  1. Dika BL December 19, 2011 at 3:49 PM

    Betul sekali nih sutuju, kadang kita-2 ini sering angin-2an ya hehe
    Tk’s & salam kenal

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s