KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : Wabah Penyakit Kronis Menyerang Sebagian Besar PNS Indonesia

~~o0o~~

Jokes about Civil Servant on KamiDariSemua

.

2nd. 6 Jenis Penyakit Kronis PNS Indonesia

Pegawai Negeri Sipil digadang-gadang sebagai Abdi Negara dan Pelayan Masyarakat. Di pundak merekalah tanggung jawab pengelolaan negara dan harapan akan kemajuan serta kemakmuran Rakyat disandangkan.

Sebagai sebuah Profesi, PNS tak kalah besar pesonanya karena menjanjikan segenap gengsi tertentu, peluang kemakmuran, status social dan lain sebagainya menjadikan profesi sebagai PNS masih dicita-citakan oleh banyak Anak Bangsa. Keinginan untuk mendapatakan kepastian gaji bulanan, karir diarena birokrasi, ‘tunjangan’ yang menggoda, asuransi kesehatan dan dana pensiunan yang dapat dinikmati dimasa tua ( sedikit tambahan : lamaran lebih gampang diterima oleh calon mertua he he ) menjadikan profesi ini terus diburu oleh para pencari kerja.

Selanjutnya yang akan kita obrolkan disini adalah tentang fenomena yang sedang terjadi ditengah-tengah para PNS kita yang menyebabkan sebagian besar Rakyat Indonesia ikut bersedih,  prihatin dan turut memberikan do’a-nya untuk sebagian besar PNS Indonesia yang ternyata saat ini ditengah ‘Kesibukan dan Keseriusan’ menyelenggarakan pengelolaan negara demi kemakmuran bangsa dan rakyat Indonesia, mereka harus mengalami ‘penderitaan’ yang diakibatkan oleh beragam wabah penyakit kronis [ ]

Wabah penyakit kronis ini menyerang dengan tidak memandang pangkat serta golongan, dari pegawai rendahan sampai pejabat tinggi di lingkungan pemerintahan kian hari ‘KESEHATAN’ nya makin menurun. Upaya pengobatan yang dilakukan sampai hari ini belum berhasil mengobati mereka bahkan upaya pencegahan yang digalakkan pun belum mampu mengurangi penyebaran wabah ini, padahal untuk melakukan pengobatan dan pencegahan tersebut telah menelan biaya yang tidak sedikit bahkan boleh dikatakan sangat besar.

‘Sakit’-nya sebagian besar PNS Indonesia tentu saja menghadirkan duka mendalam bagi sebagian besar rakyat bangsa ini. Bagaimana tidak, dengan penyakit kronis yang menggerogoti ‘kesehatan’ tentu akan berakibat pada menurunnya kemampuan dan kualitas hasil kerja yang pada ujungnya akan menghambat laju pembangunan, bahkan bila mereka tidak segera berhasil disembuhkan sangat mungkin Bangsa ini akan mengalami kekacauan dan kehancuran dan dapat dipastikan, rakyat Indonesia yang sebagian besar menjalani hari-harinya dalam taraf hidup yang kurang ‘manusiawi’ lah yang paling dulu akan merasakan pahit dan perihnya kekacauan dan kehancuran tersebut.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari tempat ‘Pemberi Pelayanan Kesehatan’ yang didatangi oleh para PNS yang terjangkit wabah penyakit tersebut, didapati setidaknya ada 6 (enam) jenis penyakit kronis yang mereka idap. Apa saja ke enam penyakit tersebut, dibawah ini adalah daftar-nya :

  1. TBC : Tidak Bisa Computer
    Masih banyak PNS yang tidak terampil bahkan belum dapat mengoperasikan komputer sebagai alat bantu dalam melaksanakan pekerjaan. Mereka yang mengidap TBC akhirnya lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang lebih ringan seperti melipat kertas surat / dokumen dan memasukkannya kedalam amplop kemudian mengirimkannya melalui jasa pengiriman  dokumen. Tentu saja ini lebih menarik, karena selain tidak membutuhkan keahlian khusus tentu saja uang transport dan selisih lebih dari ongkos jasa pengiriman masih dapat mereka kantongi.
  2. Kram : Kurang Trampil
    Begitu banyak PNS yang memiliki keterampilan yang sangat minim dari yang dipersyaratkan sesuai dengan bidang kerja dan tugasnya. Hal ini sangat mempengaruhi terhadap buruknya kualitas hasil kerja kualitas pelayanan mereka kepada masyarakat.
  3. Asam Urat : Asal Sampai Kantor Uring-Uringan Atau Tidur
    Ya … karena gaji sudah pasti datang setiap bulan maka tidak sedikit yang berprinsip asal absen, asal setor muka, dll. Kadang tidak sedikit tidur pulas dikursi kerja. Atau mojok diruangan tertentu (tersembunyi) untuk mengobrol dan menikmati Kopi plus Rokok :p
  4. Kudis : Kurang Disiplin
    Disiplin adalah ‘Mahluk’ menghilang dari lingkungan kerja PNS, kalaupun ada mereka akan menjadi mahluk asing ditengah-tengah santai-nya atmosfer kerja para Abdi Negara dan Masyarakat ini. Entah diruang mana dari hati serta fikiran mereka, mahluk bernama disiplin ini dikurung dan tak diberdayakan. Nampaknya ke-santai-an dan budaya bermalas-malasan telah membuat mereka sangat alergi bahkan takut bila harus berhadapan dengan kedisiplinan. Sedikit saja contoh dari ketidak disiplinan dalam terhadap pedoman dan peraturan yang berlaku bagi PNS, misalnya : Datang ke kantor terlambat dan pulang kantor lebih awal, berkeliaran diluar lingkungan kantor untuk melakukana ktifitas lain pada jam kerja tanpa ada hubungannya dengan tugas dan kewajiban, menggunakan fasilitas dinas untuk kepentignan pribadi, yang sebenarnya hanya diperbolehkan untuk digunakan dalam melakukan kegiatan kedinasan.
  5. Asma : Asal Mengisi Absen
    Tidak adanya tuntutan dan pengawasan untuk sebuah hasil kerja harian yang maksimal dari instansi tempat bekerja maupun dari atasan makin memanjakan dan menyuburkan budaya santai dan bermalas-malasan sebagian besar PNS. Mereka hanya sekedar datang ke kantor, tapi sampai jam kerja berakhir sering kali tidak ada pekerjaan yang disentuh.
  6. Ginjal : Gaji Ingin Naik Tapi Kerjanya Lamban
    Hmmm untuk urusan yang satu ini PNS memang tidak perlu berfikir cerdas dan bekerja keras (menurut anggapan para PNS sendiri). Mereka boleh tetap malas dan lamban, juga tidak perlu menambah wawasan dan pengetahuan karena untuk urusan soal gaji tidak ada hubungannya sama sekali dengan prestasi kerja dan sumbangsih mereka terhadap ‘kepuasan masyarakat’ atas pelayanan mereka, atau ide dan inisiatif cemerlang untuk kemajuan bangsa yang hanya dapat lahir dari kecedasan, pengalaman serta keluasan wawasan.

Mudah-mudahan para ‘ Peneliti Ahli, Dokter Ahli dan segenap pihak yang peduli dengan nasib bangsa’ suatu saat nanti mampu menemukan Formula dan Treatment yang tepat untuk menyembuhkan penyakit yang mewabah dan menjangkiti para PNS di Negara kita Indonesia tercinta🙂 .

OK, ini hanya JOKEs tapi ini masalah serius lho … mudah-mudahan bisa memancing Komentar bahkan mungkin Diskusi … So what are You waiting for🙂

.

Diadaptasi dari tulisan Yunan Shalimow

Baca Juga Tulisan Terkait :
» KamiDariSemua : Page Pegawai Negeri Sipil TIDAK COCOK untuk…
» KamiDariSemua : Kategori Pegawai Negeri Sipil – KORPRI

2 responses to “Kami Dari Semua : Wabah Penyakit Kronis Menyerang Sebagian Besar PNS Indonesia

  1. Pegawai BYM December 15, 2011 at 8:57 AM

    Betul sekali ada penyakit-penyakit yang harus diberantas dari jiwa seorang PNS, untuk memberantas penyakit tersebut memang membutuhkan tenaga dan ketekunan serta pemikiran yang dalam. Jangan lupa juga keberanian dan ketegasan. Pemeritah juga mendiagnosa dan tahu serta tidak tinggal diam. Sekarang sudah ada PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri. Dalam PP itu salah satunya yang paling berat kalau tidak masuk kerja selama 46 hari akan diberhentikan. Jadi sekarang ini PNS itu bisa dipecat kalau kena Kudis (Kurang Disiplin). Izin ya, nanti aku share ya ke teman2 PNS

    • Ariko (&) Sofia December 21, 2011 at 9:02 AM

      Wah senang sekali kalo ‘Guyonan’ ini di Share ke teman-teman BYMers atau kepada siapa saja🙂
      Walau mungkin dengan cara yang sangat sderhana tapi mudah-2an kita bisa berpartisipasi memperbaiki Citra & Kinerja para Abdi Negara & Abdi Masyarakat Kita…
      Hmmm mudah-2an tidak ada yang menyalah tafsirkan guyonan ini sebagai sesuatu yang merendahkan PNS – KORPRI kita ya :)… karena ini semata-mata di posting dengan tujuan saling mengingatkan dengan cara yang ‘Santai tapi Serius tapi Santai’🙂

      Thanks banyak sekali sudah mampir dan memberi komentar …

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s