KAMI DARI SEMUA : IndonesiAn BlogWalker

Blogging… Way I Get Relax a little while Learning     

Kami Dari Semua : Antibiotik & Flu / ISPA ( Infeksi Saluran Pernafasan Akut )

.

Sakit FLU (ISPA) Infeksi Saluran Pernafasan Akut dikategorikan sebagai “Self Limiting Disease” (bisa sembuh sendiri tanpa harus diobati).

Penggunaan antibiotika sebenarnya jika bukan di daerah tropis (27,5 derajat lintang utara sd 27,5 derajat lintang selatan), tidak diperlukan, Hal tersebut sangatlah berberda jika kita bandingkan dengan pemakaian obat antiboitika di daerah tropis (Ex.Indonesia). MENGAPA? karena pada letak geografis yang seperti itu kelembaban udaranya sangat tinggi sehingga sangat mendukung percepatan daya sebar dan kekuatan virus tersebut, sehingga dapat meningkatkan daya virulensi virus flu sebanyak 10x lipat dibandingkan dengan negara-negara yg berada diluar letak geografis seperti indonesia. Keadaan lingkungan geografis Indonesia menyebabkan makin pentingnya kesadaran dan pengawasan terhadap peresepan serta penggunaan ANTIBIOTIK.

Meskipun Flu / ISPA dapat sembuh sendiri ( Self Limiting Disease ) tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan dan Antibiotik, tidak berarti kita dapat mendiamkannya saja dan berharap Flu / ISPA tersebut akan SEGERA sembuh dengan sendirinya. Beberapa hal yang disarankan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan adalah :

  • Pertama : Jangan membuang ingus,meludah,bersin,batuk,dan atau muntah disembarang tempat.
  • Kedua : Disarankan untuk memakai masker jika berpergian ke luar rumah.
  • Ketiga : Disarankan untuk sebisa mungkin perbanyak minum air putih hangat (+/- 38,5 derajat Celsius sampai dengan 40 derajat Celcius) minimal 8 gelas (setara +/- 1.500 cc/1 botol mineral besar) dalam sehari.
  • Keempat : Perbanyak istirahat dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan begizi tinggi. Istirahat (tidur) minimal 8 jam dalam sehari.
  • Kelima : Jika sakitnya bertambah parah maka cara yang paling tepat untuk mengkonsumsi obat ANTOBIOTIK yang benar adalah dengan mengikuti aturan yang telah disarankan oleh dokter ( dalam satu peresepan yang dilakukan oleh dokter diharuskan minum obat secara tepat sesuai dosis dan teratur sampai habis/jangan ada yang tersisa atau terlewatkan).

( Untunglah selama ini Saya [ Kami Dari Semua ] selalu menghabiskan Antibiotik yang diresepkan Dokter saat mederita FLU / ISPA ataupun untuk mengobati sakit lainnya… emang doyan kali ya kayak makan cemilan aja :p )

Sisa Antibiotik dalam satu kali peresepan yang diberikan oleh dokter tersebut itulah yang dapat menyebabkan terbentuknya sistem kekebalan dalam virus, sehingga bial lain waktu terserang virus yang sama, akan menyebabkan lebih sulit sembuhnya seseorang walaupun telah diberikan antibiotik dengan dosis yang lebih besar.

Posting terkait : Antibiotik, menggunakannya dengan bijak pada Balita

Edited from a share at : http://www.kukasimura.com/

.

Your Comment Please, !t's FREE - 免費 - 무료 - ללא תשלום

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s